Kamis, 30 Maret 2017

contoh pidato implementasi sikap adil




Assalammuallaikum wr. Wb

Yang saya hormati Bapak Mochammad Ma ruf selaku Guru Agama dan Pembina Ekstra RISMA,

Serta teman- teman dan adik- adikku yang saya sayangi


Marilah kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia serta taufik- Nya sehingga kita dapat berkumpul di Masjid “DarulUlum” dalam keadaan sehat walafiat tanpa aral suatu apapun. Tak lupa, Shalawat serta Salam kita haturkan kepada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari Zaman Jahiliyah menuju Zaman Islamiah. Semoga kita di Yaumul akhir nanti mendapatkan syafaat’nya, amin!


                Bapak Pembina, serta teman- teman yang saya sayangi,


Dalam kesempatan ini, perkenankanlah saya untuk menyampaikan sebuah pidato dengan tema implementasi sikap adil dalam kehidupan.


Menurut Thomas Hubbes, keadilan ialah sesuatu perbuatan yang dikatakan adil jika didasarkan pada suatu perjanjian yang telah disepakati. Tetapi pada hakikatnya, sikap adil adalah sikap seseorang yang sesuai standar hukum yang berlaku dan tidak memihak .  Sikapadilitusendiridibagimenjadi 2 yaitu sikap adil pada diri sendiri dan orang lain. 


Contoh adil pada diri sendiri :

1.       Melakukan ibadah tepat waktu

2.       Tidak kecanduan gedjet sehingga tidur sambil main gedjet dan merusak mata

3.       Membuang sampah pada tempatnya

Contoh adil pada orang lain:

1.       Berkata santun

2.       Berprasangka baik kepada orang lain

3.       Menghukum orang sesuai kesalahan yang di perbuat

Makadari itu, sikap ini sangat perlu kita terapkan, karena perilaku adil salah  satu sendi kehidupan bermasyarakat untuk terciptanya kenyamanan dan keharmonisan.Selainitu, Allah SWT juga menjelaskan:


  “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS. An- Nahl,90)


Tetapi, apakah Indonesia sudah menerapkannya? Sejujurnya, Indonesia belum mengimplementasikan sifat keadilan. Contohnya saja tahun 2009 , Hakim Pengadilan Negeri Jabar, dilaporkan ke KY dikarenakan tidak adil dalam memberikan hukuman terhadap pengedar narkoba. Perbedaan keputusan yang menimpa Benny(49) yang di hukum 3 bulan penjara. Dam tetapi, Kevin (19) di hukum 2 tahun penjara. Padahal sama- sama pengedar narkoba 0,4 gram. Belum lagi hal- hal kecil lainnya di kehidupan kita sehari- hari.

Lalu, apakah kita juga sudah menerapkannya?Sejujurnyasajabelum, yaitu kita sering shalat tidak tepat waktu dan melalaikannya, selainitumemfosirdirikitasendiripadahaltubuhkitabutuhistirahat.

Makadariitu, sikap adil harus di terapkan sejak kecil untuk membuat bibit keadilan. Islam adalah agama yang menjunjung tinggi hukum dan keadilan. Maka dari itu, menegakkan keadilan merupakan salah satu misi utama dari syariah. Berfungsi menetapkan kebenaran dan menghapus kebatilan.

                Kaum Muslimah wal Muslimat,

                Kesimpulannya, kita wajib menjunjung tinggi keadilan serta menerapkan sikap adil dalam kehidupan sehari- hari. Untuk menciptakan keharmonisan di kalangan masyarakat. Di tambah lagi, dalam Al- Quran mewajibkan kita untuk berperilaku adil dalam keadaan apapun. Meskipun yang di adili teman kita sendiri, orang tua bahan kita sendiri.

                Kaum Muslimah wal Muslimat,

                Demikian, yang dapat saya sampaikan mudah- mudahan bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan di hati.


Wabillahitaufiq Walhidayah

Wassalammuallaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar